Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

peluang usaha di desa

Peluang Usaha di Desa yang Punya Prospek Menjanjikan

Updated: July 20, 2024

Mencari peluang usaha di desa terkadang menjadi hal yang cukup tricky. Itulah sebabnya mengapa banyak masyarakat pedesaan mencari peruntungan di kota untuk memulai bisnis atau mencari pekerjaan.

Padahal, kesempatan untuk sukses itu bisa diraih di mana saja, meskipun Anda tinggal di desa. Namun, semua tentu memerlukan kerja keras dan cara cerdas dalam menjalankan usaha tersebut.

Beberapa Contoh Peluang Usaha di Desa

Dengan adanya internet, peluang berbisnis di desa sebenarnya sudah sangat terbuka. Buktinya masih banyak orang desa yang pergi ke desa lain atau ke kota untuk membeli suatu barang. Jadi, kemungkinan besar peluang itu ada dan tinggal bagaimana Anda memanfaatkannya.

1. Membuka Toko Pertanian dan Peternakan

Salah satu usaha dagang yang akan selalu dibutuhkan di daerah pedesaan adalah di sektor pertanian dan peternakan. Anda tidak menjadi orang yang terlibat langsung dalam aktivitasnya, melainkan sebagai penyedia kebutuhannya.

Para petani dan peternak tentu membutuhkan toko yang dekat supaya pekerjaan mereka lebih efisien. Jadi ini bisa menjadi peluang usaha dengan prospek menjanjikan dalam beberapa tahun ke depan bagi Anda di pedesaan.

Barang-barang yang dijual antara lain berupa pupuk, obat hama, pakan ternak, dan lain sebagainya. Cari tempat paling strategis di desa, pelajari siapa saja pesaingnya dan survei pekerjaan sebagian besar masyarakat setempat.

2. Peluang Usaha di Desa Bidang Jasa

Tidak banyak jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan karena umumnya mereka sangat mandiri. Tetapi ini masih berhubungan dengan ide pertama, yaitu membuka jasa penyewaan mesin untuk kebutuhan pertanian.

Ya, sebagian petani tidak bisa memiliki mesin sendiri karena harganya yang mahal. Apalagi jenis mesin yang digunakan di sektor pertanian juga cukup banyak. Misalnya seperti mesin untuk memanen padi, mesin penggiling, pemotong kayu, dan lain-lain.

Sementara untuk kebutuhan transportasi mereka, Anda juga bisa menyediakan sewa mobil pick-up atau truk. Usaha ini memang butuh modal yang besar, tetapi hasil yang didapat cukup sepadan nantinya.

3. Bisnis Online Menjual Produk UKM

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah telah menjalankan berbagai program untuk mendukung UKM di pedesaan. Tujuannya agar masyarakat lebih mandiri dan siap menghadapi pasar bebas di masa mendatang.

Peluang ini pasti ada di desa, hanya saja jarang dilirik sebagai bisnis yang menjanjikan. Banyak contoh produk yang seharusnya bisa lebih laku dengan dipasarkan ke daerah-daerah lain. Misalnya seperti kain batik, makanan tradisional, kerajinan tanah liat, dan lain-lain.

Gunakan cara-cara promosi digital menggunakan internet untuk melebarkan sayap. Promosikan produk tersebut melalui media sosial, marketplace, Google, dan sebagainya.

4. Memanfaatkan Keterampilan SDM Muda

Di era digital, keterampilan pengoperasian teknologi informasi sangat penting bagi masyarakat pedesaan terutama kaum muda. Anda mungkin bisa melatih mereka supaya lebih melek terhadap peluang bisnis digital.

Coba bentuk kelompok dengan mengumpulkan mereka dan bangun bisnis digital berbasis internet. Misalnya membuka toko online, jasa online atau mengadakan kursus masyarakat desa.

Cara ini kemungkinan akan cukup efektif karena anak-anak muda pasti punya semangat yang tinggi untuk berkembang. Tinggal bagaimana Anda mengarahkan mereka dan menjadi leader.

5. Ide Bisnis Lainnya

Peluang bisnis di pedesaan mungkin tidak seterbuka di daerah perkotaan. Tetapi seiring dengan berkembangnya kebiasaan masyarakat, peluang di desa juga semakin luas. Contohnya adalah ketika masyarakat desa saat ini sudah mulai terbiasa dengan penggunaan ponsel pintar.

Menjual pulsa, kartu perdana, aksesoris ponsel, jasa servis ponsel, akan jadi bisnis yang menjanjikan. Jika memiliki warung kelontong dan ingin menambah penghasilan, maka Anda bisa menjual pulsa dan pembayaran PPOB.

Peluang lain misalnya membuka bengkel motor dan Pertamini (POM bensin mini). Banyaknya pemilik sepeda motor dan jauhnya jarak SPBU bisa jadi alasan mengapa masyarakat memilih Pertamini.

Soal modal, membuka konter HP memang membutuhkan modal lebih kecil ketimbang membuka Pertamini. Tetapi asal sudah punya rencana bisnis yang matang, modal pasti akan lebih mudah didapat nantinya.

Dengan pikiran terbuka dan ide-ide kreatif, peluang usaha di desa akan terus tumbuh dan berkembang. Orang-orang pun seharusnya tetap bisa tinggal di desa tanpa khawatir kehabisan lapangan pekerjaan. Sebab, masih banyak sektor yang masih belum diisi atau dibutuhkan masyarakat tetapi jarang dilirik.

Author Web
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security