cara ss di laptop

Begini Cara SS di Laptop Win 10 dan Langsung Edit Hasilnya

Updated: September 20, 2021

Cara SS di laptop yang paling umum digunakan adalah dengan menekan tombol Print Screen di keyboard. Namun tahukah Anda kalau di Windows 10 ternyata ada beberapa cara lain untuk mengambil SS?

Pada dasarnya screenshot atau screencapture ini adalah cara untuk menangkap gambar dari tampilan layar di perangkat Anda. Potongan gambar layar tersebut nantinya dapat digunakan untuk memperjelas instruksi atau mengarsipkan suatu momen.

Di laptop atau PC, perlu beberapa aksi tambahan supaya hasil jepretan layar bisa diedit dan disimpan menjadi file gambar. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang beberapa cara mengambil SS di laptop dan menyimpannya berikut ini.

Cara SS di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Menekan tombol Print Screen di keyboard akan menangkap tampilan layar pada saat itu juga. Tetapi, aksi tersebut sama sekali tidak menampilkan gambarnya atau menyimpan file-nya, melainkan hanya tersimpan di clipboard.

Jadi apabila ingin membuat hasil SS tersebut menjadi gambar atau file terpisah, ada beberapa langkah lagi yang perlu dilakukan.

  • Jika ingin menyisipkan hasil SS di dokumen seperti Microsoft Word, cukup tekan Ctrl + V. Pastikan Anda tidak melakukan copy pada dokumen lain dulu setelah menekan Print Screen.
  • Jika ingin menyimpan hasil SS menjadi file gambar, maka paste hasil tangkapan layarnya di Microsoft Paint. Buka Paint>Paste> lalu Save dengan format gambar yang diinginkan.

Variasi Mengambil SS dengan Tombol PrintScreen

Selain dengan cara di atas, ada cara lain yang juga cukup praktis dengan tombol Print Screen. Anda hanya perlu menekan satu kombinasi tombol lainnya untuk mendapatkan hasil berbeda.

1. Windows + Print Screen

Pertama, Anda bisa menekan Print Screen dibarengi tombol Windows (biasanya berada di antara Ctrl dan Alt). Cara ini akan menyimpan gambar tangkapan tanpa harus membuka aplikasi lainnya. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Buka jendela yang ingin ditangkap layarnya,
  • Tekan bersamaan tombol Windows dan Print Screen,
  • Aksi ini secara otomatis menyimpan gambar tangkapan layar Anda di folder dokumen Picture.

Jika sudah banyak hasil tangkapan, urutkan berdasar tanggal supaya lebih mudah menemukan gambar jepretan terbaru.

2. Alt + Print Screen

Fungsi kombinasi tombol ini adalah menangkap gambar pada jendela aplikasi yang sedang aktif saja. Jadi misal Anda sedang membuka Microsoft Word, maka gambar selain area jendela dokumen Word tidak ikut tertangkap.

Ini akan lebih memudahkan pengguna Windows 10 ketika ingin mengambil SS. Sebab di Windows 10 pengguna bisa membagi layar untuk beberapa aplikasi sekaligus.

Untuk menyimpan gambar dengan cara ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan tombol Alt dan Print Screen secara bersamaan,
  • Itu akan menyimpan jepretan gambar salah satu jendela aplikasi ke clipboard,
  • Buka Run (Ctrl + R) kemudian tuliskan ‘mspaint’ untuk membuka Paint,
  • Tempel gambar dengan menekan Ctrl + V,
  • Edit gambar seperlunya kemudian simpan.

Cara SS di Laptop Tanpa Tombol Print Screen

Pada laptop Windows 10, Anda juga bisa mengambil SS tanpa menggunakan tombol PrintScreen. Cara ini bisa langsung menangkap area-area tertentu di layar secara manual.

Adapun kombinasi tombol yang harus ditekan adalah Windows + Shift + S, kemudian ikuti instruksi berikut:

  • Setelah kombinasi tombol ditekan maka layar akan menjadi agak gelap dan Anda bisa menyeleksi bagian tertentu saja,
  • Klik dan drag pada area layar yang Anda inginkan kemudian lepaskan tombol mouse,
  • Akan segera muncul pemberitahuan di sudut kanan bawah layar,
  • Klik pemberitahuan tersebut dan Anda akan diarahkan ke jendela aplikasi Snip&Sketch,
  • Edit gambar tangkapan layar seperlunya kemudian klik simpan atau tekan Ctrl + S,
  • Untuk mengambil SS baru, cukup tekan Ctrl + N.

Saat layar siap ditangkap, sebenarnya Anda punya tiga pilihan mode SS. Pertama dengan bentuk kotak, bentuk bebas, hanya jendela tertentu, dan fullscreen.

SS Menggunakan Snipping Tools

Cara ini memang kurang praktis karena Anda harus membuka aplikasi terlebih dahulu sebelum mengambil SS. Cari Snipping Tools di folder System Accessories atau tulis ‘snipping’ di kotak pencarian.

Buka aplikasi, klik ‘New’ untuk menyeleksi bagian layar yang ingin ditangkap. Fitur ini mirip dengan Snip & Sketch, karena juga terdapat beberapa pilihan mode snip. Selain itu gambar tangkapan juga bisa langsung diedit dan disimpan.

Begitulah cara SS di laptop Windows 10, sangat mudah, bukan? Cara di atas adalah jalan paling praktis karena alat dan fiturnya adalah bawaan Windows.

Default image
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

Malcare WordPress Security