bisnis indonesia

Ide Usaha untuk Hidupkan Bisnis Indonesia di Masa Pandemi

Updated: September 19, 2021

Bisnis Indonesia selama masa pandemi COVID-19 bisa dibilang kembang kempis. Ketika peraturan PSBB diberlakukan, banyak bisnis yang harus tumbang di tengah jalan.

Satu-satunya cara untuk menghidupkan kembali roda perekonomian adalah dengan mencari ide bisnis baru. Meski bukan hal mudah, namun untungnya keberadaan internet dan gawai sangat memudahkan penemuan-penemuan ide baru itu.

Pada akhirnya, memulai bisnis digital mungkin menjadi alternatif terbaik bagi sebagian besar orang yang terjebak karantina di rumah.

Membangun Lagi Bisnis Indonesia Lewat Media Digital

Digital Business

Memulai sebuah bisnis digital pada kondisi sekarang seperti dua sisi uang logam. Di satu sisi peluangnya sangat terbuka lebar. Sementara di sisi lain, tantangannya juga tak kalah besar, dan lagi prosesnya tidak akan mudah.

Anda harus mengawalinya dengan baik supaya tahapan selanjutnya jadi lebih mudah. Semua dimulai dari sebuah ide, yang telah digodok hingga matang. Baru setelah itu Anda bisa mengimplementasikannya sesuai dengan rencana yang dipikirkan tadi.

Bicara soal ide, dari tahun ke tahun sebenarnya kebanyakan bisnis digital berangkat dari ide yang itu-itu saja. Akan tetapi, cara eksekusinya semakin berkembang dan penuh inovasi baru.

Berikut adalah beberapa ide bisnis Indonesia lewat media digital yang mungkin bisa memancing kreativitas Anda.

Toko Online Bisnis Indonesia yang Populer

Kesempatan membuat toko online sering dilewatkan oleh orang-orang. Alasannya beragam, mulai dari tidak punya modal, persaingan ketat, sepi pembeli, dan lain-lain. Namun ketika orang-orang ramai berbelanja online di tengah pandemi, apakah Anda mau melewatkan peluang begitu saja?

Harus diakui bahwa toko online telah berada di baris terdepan bisnis Indonesia pada era digital ini. Sebelumnya mungkin Anda mengira ini bisnis yang rumit karena harus membuat website sendiri, mengelola stok barang, dan lain-lain.

Akan tetapi, membangun toko online tak serumit yang dibayangkan. Setidaknya ada tiga pilihan yang bisa Anda tempuh untuk memulai bisnis digital satu ini.

1. Membangun Website Sendiri

Jika tidak Anda bisa membangun website sendiri, banyak jasa yang menawarkan layanan tersebut. Bahkan beberapa platform juga menyediakan toko online instan dengan tarif bulanan.

2. Berjualan di Marketplace

Platform seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya menawarkan pendaftaran gratis untuk penjual. Di luar embel-embel premium, fitur gratis di marketplace sudah sangat cukup untuk memulai toko online.

3. Berjualan di Media Sosial

Malas bikin website dan ogah bersaing di marketplace? Media sosial juga bisa menjadi tempat berjualan yang sangat menjanjikan di internet. Fokuskan lapak Anda pada beberapa media sosial sekaligus dengan menggenjot promosi.

Konten Digital Terus Diminati

Lupakan berjualan produk apabila Anda punya kreativitas dalam hal membuat konten digital. Ini bisa berupa ilustrasi, foto, video, atau mungkin podcast. Sekarang semuanya bisa ‘dijual’ asal Anda tahu pasarnya dan bisa mengikuti keinginan pasar.

Sejujurnya bukan hal yang mudah menjadi kreator konten digital. Selama beberapa bulan terakhir saja jumlah persaingannya pasti semakin tinggi. Hanya orang-orang konsisten dan kreatif yang mampu bertahan dan bisa meraup keuntungan.

Sebagai tempat untuk berkarya tiga platform ini mungkin bisa menjadi pilihan.

1. YouTube

Belakangan ini sering muncul video-video unik hingga aneh yang bisa viral di YouTube dengan meraih jutaan view. Namun untuk menjadi YouTuber, Anda perlu usaha ekstra keras dan mau bersakit-sakit dahulu sebelum menerima komisi Adsense.

Youtube Channel

2. TikTok

Sudah banyak bukti bahwa membuat konten di TikTok bisa mendatangkan keuntungan tersendiri. Walaupun tidak seperti YouTube yang menawarkan Adsense, tetapi ketenaran di TikTok akan membukakan pintu ke berbagai peluang bisnis Indonesia lainnya.

3. Marketplace Konten Digital

Ingin lebih cepat mendapat keuntungan dari konten digital yang Anda buat? Caranya dengan menjualnya langsung di marketplace konten digital. Salah satu contohnya adalah Karyakarsa, di mana banyak kreator yang menjual karya mereka mulai dari wallpaper, komik, video pertunjukan, dan lain-lain.

Kebutuhan Artikel Online Terus Meningkat

Mungkin selama ini menulis artikel hanya menjadi hobi Anda, misalnya untuk dipos di blog atau media sosial. Tetapi masa pandemi seolah memaksa hobi apapun agar juga bisa menghasilkan uang.

Ya, mengapa Anda tidak mencoba mendapat bayaran dengan menulis artikel? Tidak punya blog dengan ribuan view per hari pun tidak masalah, karena faktanya banyak tempat untuk mempublikasikan karya-karya Anda.

1. Penulis Artikel Online

Cukup mencari perusahaan pembuatan konten artikel yang membutuhkan penulis. Daftarkan diri Anda sebagai penulis dan terima bayaran dari setiap tugas yang diberikan. Tulisan Anda nantinya akan dipublikasikan di website pemesan, walaupun hak tulisannya tidak lagi menjadi milik Anda.

2. Copywriter

Untuk kebutuhan marketing, banyak perusahaan membutuhkan jasa copywriter. Pasalnya tidak semua orang bisa membuat tulisan yang menarik untuk menjual sebuah produk. Peluang ini bisa dicari di media sosial atau platform freelancer.

3. Ghost Writer

Selain menulis artikel, ghost writer biasanya juga seringkali mengerjakan proyek-proyek besar seperti menulis buku, laporan, cerita, dan lain-lain. Namun, lagi-lagi Anda tidak bisa mengklaim tulisan Anda karena hak miliknya ada pada pembeli tulisan.

Tatap Muka Online Berbayar

Banyak hal yang telah berubah selama masa karantina di rumah, termasuk kegiatan yang mengharuskan orang-orang bertatap muka. Contohnya sekarang kegiatan belajar mengajar di sekolah dilakukan dari rumah siswa masing-masing.

Orang-orang seperti motivator, instruktur dan penampil pun mulai berpikir untuk memboyong panggung mereka ke layar monitor. Salah satu platform paling laris digunakan adalah aplikasi telekonferensi Zoom.

Di sana orang-orang bisa bertemu dan berkumpul, hanya saja secara online. Dengan fitur bisa membuat ruang pertemuan privat, maka sangat memungkinkan juga untuk menjual tiket, bukan?

1. Konser/Pertunjukan Online

Beberapa penampil atau seniman sudah mulai berdamai dengan kondisi sekarang. Meski belum diperbolehkan tampil di panggung dengan ditonton banyak orang, mereka tetap bisa menghibur menggunakan Zoom.

2. Seminar Online

Menjual tiket untuk seminar online juga sangat memungkinkan. Buat promosi di media sosial, lalu kirimkan URL untuk bergabung ke ruang privat di Zoom kepada pembeli tiket. Anda akan mendapat keuntungan dan tetap bisa melakukan seminar seperti biasa.

3. Kursus Online

Kursus, workshop, bimbingan belajar, dan sebagainya, sekarang juga dialihkan ke media seperti Zoom. Soal tarif dan durasi bisa Anda pikirkan sesuai dengan materi yang diberikan.

Kelebihan Menjalankan Bisnis Digital

Yang harus segera Anda sadari adalah cepat atau lambat bisnis digital juga akan menjadi normal baru. Walaupun sudah marak sejak lama, namun ke depannya pasti akan semakin ramai diminati. Itu karena bisnis digital punya beberapa kelebihan seperti:

  • Pilihan dan pengembangan bisnis yang tidak terbatas,
  • Bisa menjangkau pasar lebih luas,
  • Lebih mudah membuat rencana jangka panjang,
  • Potensi penghasilan besar dan bisa terus meningkat,
  • Menawarkan kenyamanan dan keamanan kepada konsumen di masa pandemi.

Dengan banyaknya pilihan, seharusnya Anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis digital. Di atas tadi hanya sebagian contoh bisnis digital yang mungkin bisa Anda kembangkan lagi ke depannya. Manfaatkan media digital sebaik mungkin untuk tetap menghidupkan bisnis Indonesia di masa pandemi.

Default image
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

Malcare WordPress Security