Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

agri bisnis

Contoh Peluang Usaha di Bidang Agri Bisnis Pertanian

Updated: July 20, 2024

Anda mungkin sering mendengar istilah agri bisnis, namun tidak paham betul bisnis apa itu. Dari istilahnya saja, sebenarnya sangat mudah menyimpulkan bahwa ini adalah bisnis di bidang tanaman khususnya pertanian. Namun bukan sembarang bisnis, karena pelaku agribisnis harus memiliki bekal ilmu yang mumpuni.

Sektor ini memang semakin jarang diminati oleh para generasi muda dewasa ini. Kebanyakan dari anak-anak muda lebih memilih bekerja di kota di bidang-bidang modern lainnya. Padahal, sebenarnya agribisnis adalah bisnis yang masih sangat menjanjikan di masa sekarang ini.

Peluang Agri Bisnis Tak Pernah Mati?

Singkatnya, agribisnis dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan pertanian secara luas. Di dalamnya mencakup bagian produksi, pengolahan hasil dan pemasarannya. Ini adalah suatu sistem yang saling berkaitan dan terorganisir secara reguler.

Sangat disayangkan karena masih banyak orang berpikir bahwa agribisnis adalah bisnis tradisional berpenghasilan kecil. Padahal dengan pengetahuan yang cukup, ini juga bisa jadi bisnis besar. Buktinya banyak korporasi besar yang bekerja sama dengan para petani untuk mengolah hasilnya.

Selama manusia masih membutuhkan bahan-bahan pokok untuk bertahan hidup, maka agribisnis akan tetap hidup. Dari sinilah konsumen bisa mendapatkan produk seperti padi, sayuran dan buah dari para petani. Apalagi, agribisnis juga punya tujuan yang sangat baik untuk masyarakat dan petani, yaitu:

  • Membantu meningkatkan kesejahteraan para petani,
  • Menambah kesempatan kerja bagi masyarakat,
  • Meningkatkan ketahanan pangan,
  • Meningkatkan pelayanan terhadap petani.

Contoh Agribisnis Memanfaatkan Berbagai Jenis Tanaman

Banyak jenis tanaman yang bisa Anda manfaatkan sebagai komoditas agribisnis. Tapi ingat, ini bukan sekadar menanam dan memanen, karena semua harus diperhitungkan secara matang. Di bawah ini beberapa contoh peluang agribisnis yang hasilnya cukup menjanjikan.

1. Agri Bisnis Budidaya Jamur

Ada jenis jamur yang sangat disukai masyarakat, seperti jamur tiram. Budidaya jamur jenis ini sangat menguntungkan karena tidak membutuhkan lahan yang luas misalnya di halaman belakang rumah.

Hasil mentah jamur tiram bisa didistribusikan dengan mudah ke pasar maupun rumah makan. Anda juga bisa mengolahnya secara mandiri, lalu menjualnya dalam bentuk keripik atau masakan lain. Ini membuat nilai jual jamur tiram jadi lebih tinggi.

2. Buah dan Sayur Organik

Komoditas buah-buahan lokal dan sayuran organik juga tak pernah sepi karena sifatnya tidak musiman. Konsumen pasti akan ada setiap hari, sehingga peluang bisnisnya tak pernah mati.

Adapun yang dimaksud buah dan sayuran organik adalah yang proses panennya tidak menggunakan bahan kimia sama sekali. Banyak yang bilang rasanya lebih nikmat dan khasiatnya lebih maksimal.

3. Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias adalah tanaman hidup yang fungsinya sebagai penghias rumah atau acara-acara. Ini adalah peluang bisnis menjanjikan jika Anda jeli melihat celahnya. Pasalnya acara-acara seremonial dan dekorasi rumah pasti selalu ramai.

Beberapa tanaman hias yang layak dibudidayakan dan banyak peminatnya adalah seperti mawar, anggrek, kaktus, dan sebagainya. Sama seperti jamur, tanaman ini juga bisa diolah menjadi sesuatu yang ‘jadi’ untuk meningkatkan nilai jualnya.

4. Menanam Padi di Lahan Kosong

Agribisnis tanam padi adalah bisnis besar karena modal yang dibutuhkan tidak sedikit. Prosesnya pun memakan waktu lama, tetapi sekali panen Anda bisa mendapat untung yang sepadan. Apalagi beras telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia.

Jika Anda memiliki lahan yang bisa digarap, ajak petani setempat untuk menanam padi. Selain mengejar keuntungan, Anda pun bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

5. Bisnis Tanaman Hidroponik

Hidroponik adalah suatu teknik menanam yang tidak membutuhkan lahan luas. Medianya pun bisa didapatkan dengan harga yang murah, misalnya pipa, ember, gelas plastik, botol plastik, dan lain-lain. Bagi masyarakat perkotaan, peluang bisnis di bidang ini cukup terbuka lebar.

Banyak tanaman yang bisa tumbuh dengan baik menggunakan teknik hidroponik, baik sayuran maupun buah-buahan. Secara proses, ini sama seperti buah dan sayuran organik karena sama sekali tidak membutuhkan zat kimia.

Bagaimana Cara Memulai Agribisnis?

Tidak sesederhana yang Anda pikirkan, agribisnis adalah sebuah bisnis yang serius. Ilmunya harus dipelajari dan diimbangi dengan praktik yang mantap pula. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengawali dari kuliah di jurusan pertanian.

Mata kuliah agribisnis bisa menjadi bekal Anda untuk berbisnis komoditas pertanian di masa depan. Selain bekerja untuk orang lain, akan ada pula peluang untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri. Sebab memang itulah tujuan agri bisnis ada di tengah masyarakat.

Author Web
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security