Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

bisnis online di masa pandemi

Kerja dari Rumah, Ini Ide Bisnis Online di Masa Pandemi

Updated: July 22, 2024

Bisnis online di masa pandemi mungkin perlu Anda lakukan untuk tetap memutar roda perekonomian. Pasalnya salah satu hal paling memungkinkan di saat pemberlakuan pembatasan berskala besar ini adalah transaksi secara online.

Pembeli dan penjual tetap bisa melakukan aktivitas sebagaimana mestinya tanpa harus bertatap muka. Kendati demikian, dengan banyaknya persaingan berarti Anda harus menemukan ide kreatif yang menjadi pembeda.

Peluang Bisnis Online di Masa Pandemi

Dalam beberapa tahun terakhir, tidak dapat dimungkiri bahwa kebiasaan konsumen Indonesia telah berubah. Kebutuhan akan belanja online meningkat secara signifikan karena menawarkan berbagai kemudahan.

Ini karena segala kegiatan dapat dilakukan tanpa bertemu sehingga segala sesuatunya bisa jadi lebih cepat dan efisien. Kemudian di awal tahun 2020, pandemi COVID-19 melanda hampir seluruh dunia dan membuat masyarakat semakin terbiasa dengan belanja online.

Meski tidak sepenuhnya menggantikan pasar konvensional, namun setidaknya ini menjadi alternatif balu yang sistainable. Selama pandemi masyarakat telah menjalankan pola hidup baru. Membuat perekonomian tetap stabil, mau tidak mau berbagai bentuk usaha akhirnya harus go online.

Beberapa Ide yang Bisa Dilakukan

Bagi orang-orang yang jeli melihat peluang, sebenarnya ada banyak ide bisnis online yang produknya dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan bermodalkan gadget, internet dan bekerja dari rumah, sangat memungkinkan untuk tetap berpenghasilan. Berikut beberapa ide yang mungkin bisa Anda kembangkan.

1. Menjual Masker dan Face Shield Masih Menguntungkan

Di awal masa pandemi, banyak oknum yang sengaja menimbun masker dan menjualnya dengan harga menjulang tinggi. Namun seiring berjalannya waktu, harga masker mulai normal kembali karena permintaannya sudah mulai menurun.

Kendati demikian, bukan berarti bisnis masker sudah tidak menguntungkan lagi. Saat ini Anda bisa membuat masker kain custom dengan gambar atau ilustrasi yang unik.

Selain itu ada pula face shield, yang juga semakin banyak dicari karena masker saja dianggap belum cukup. Bagi yang belum tahu, ini adalah APD standar seperti kaca pada helm untuk melindungi wajah dari paparan jarak dekat.

Selama pandemi masih belum berakhir, alat-alat pelindung diri seperti masker dan face shield akan terus dibutuhkan. Tinggal bagaimana Anda pandai memanfaatkan peluang dan bersaing dengan penjual lain.

2. Menjual Disinfektan untuk Berbagai Kebutuhan

Sama seperti masker, produk hand sanitizer juga sempat sangat sulit dicari di pasaran. Sampai akhirnya banyak perusahaan yang menggenjot produksi mereka sehingga persediaan hand sanitizer di pasar kembali seperti semula.

Selain itu, sebenarnya satu barang lain yang mungkin sering diabaikan, yakni disinfektan. Pasalnya, bagian yang perlu sering dibersihkan di masa pandemi ini bukan hanya tangan, melainkan apapun yang ada di sekitar tubuh.

Misalnya Anda membawa tas dari luar, kantong plastik, kendaraan, dan sebagainya. Anda memang bisa membuatnya sendiri dengan dari cairan pembersih atau sejenisnya. Namun untuk berjualan, sebaiknya cari produk disinfektan yang sudah diproduksi dengan baik.

Gunakan media sosial atau platform marketplace untuk menjual barang-barang dagangan Anda. Bahkan beberapa marketplace memberikan ruang khusus bagi penjual barang-barang kesehatan terkait pandemi di platform mereka.

3. Bisnis Online di Masa Pandemi berupa Kuliner

Meski bekerja dari rumah (work from home), pasti banyak di antara Anda yang malas memasak. Alhasil, solusinya adalah membuat makanan instan atau memesan lewat aplikasi online. Nah, ini adalah potensi yang bagus untuk membuka bisnis baru.

Disadari atau tidak, bisnis kuliner online di masa pandemi tetap memungkinkan berjalan. Tentunya semua dilakukan dengan menaati protokol kesehatan.

Pertama, Anda bisa menawarkan menu makan sehat yang bisa diantar di jam-jam tertentu, terutama saat makan siang. Buat menu-menu sehat dan bervariasi sehingga konsumen tidak akan merasa bosan.

Selain itu makanan seperti fozen food juga sangat laris di pasaran selama pandemi. Sebab orang-orang enggan terlalu sering pergi keluar untuk sekadar berbelanja. Idenya adalah Anda membuka order frozen food untuk diantar ke rumah konsumen saat itu juga atau keesokan harinya.

Tiga peluang bisnis online di masa pandemi tadi mungkin saja tidak akan seramai sekarang ketika semuanya telah kembali normal. Tanpa bermaksud memanfaat keadaan, tetapi peluang itu harus segera diambil. Tetap sehat dan semangat memperjuangkan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

Author Web
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security