Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

sifat wanita

Inilah 7 Sifat Wanita Berikut Wajib Kamu Tahu!

Updated: July 22, 2024

Wanita dan pria merupakan dua makhluk bertolak belakang namun saling melengkapi. Sifat wanita memang sulit dipahami. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh hormon yang dapat mengubah suasana hati. Hormon yang memiliki peran penting ini ialah hormon estrogen.

Peran hormon ini dapat mempengaruhi kinerja otak, pengontrol emosi dan mood swing. Selain hormon, sifat perempuan juga berasal dari genetik, lingkungan bermain, teman maupun pendidikan. Tetapi masih terdapat pandangan bias mengenai sifat perempuan dan laki-laki di kalangan masyarakat.

Psikologi Menjawab Pandangan Bias Sifat Wanita dan Laki-Laki

Peran psikologi sangat penting untuk mengenal kebiasaan, perilaku, sifat, pikiran dari manusia dan fenomena di sekitarnya. Namun, seiringan berjalannya waktu pandangan bias mengenai wanita menjadi perdebatan. Hal ini didasarkan atas fenomena perilaku individu maupun komunitas di kalangan masyarakat. Berikut beberapa pandangan bias sifat wanita yang perlu diketahui:

1. Sifat wanita yang dependen, merawat dan mengasuh

Pandangan seperti ini dianggap bias karena tidak dapat dibuktikan secara nyata. Tidak hanya perempuan. Laki-laki juga dapat memiliki sifat pengasuh dan merawat. Selain itu, banyak juga perempuan memiliki sifat mandiri dan tidak dicitrakan secara kaku.

Pernyataan tersebut sesuai dengan Eagly di tahun 1978. Sebagian terdapat bukti yang mendukung masalah perbedaan ini. Namun, perbedaan tersebut tipis antara karakter kejiwaan laki-laki maupun wanita.

2. Sifat wanita yang memiliki sifat mudah adaptasi, mengalah, menyenangkan orang lain

Berdasarkan pendapat whiting dan edwards tahun 1988 menyatakan bahwa seorang wanita dipandang sebagai makhluk yang lemah. Sedangkan, laki-laki memiliki sifat agresif.

Hal ini disesuaikan dengan konstruksi masyarakat terhadap dua golongan ini. Tentu kamu tahu bahwa laki-laki lebih cenderung kasar, agresif dan asertif. Sifat-sofat ini dibangun dan dibenarkan secara turun-temurun. Hal inilah membentuk sifat laki-laki dan perempuan.

3. Sifat wanita yang mudah menangis dan emosional

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Nicolson tahun 1993 menyatakan bahwa anak laki-laki memiliki kecenderungan lebih sering menangis. Kebiasaan ini bermula ketika bayi dan mulai belajar berjalan.

Apabila dibandingkan dengan perempuan. Usia dewasa hingga tua memiliki kecenderungan sering menangis. Cara menangis anak laki-laki menangis masih diterima karena bentuk ekspresi diri.

Perbedaan antara laki-laki dan wanita tersebut bukan masalah level emosi. Tetapi, betuk kespresi eksternal emosi. Menurut Maslow tahun 1974 menyatakan bahwa perbedaan ketajaman dalam berempati didasarkan atas perbedaan motivasi.

4. Sifat wanita yang sensitif dan penakut

Pada dasarnya anak laki-laki maupun prempuan di masa prasekolah memiliki jiwa pemberani dan petualang. Namun, berdasarkan pengkajian penelitian, menyatakan bahwa semakin bertambah umur, wanita lebih cenderung dibenarkan untuk takut.

Sedangkan, laki-laki cenderung dicemooh apabila merasa takut. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila laki-laki menganggap tabu mengenai rasa takut. Namun, konsumsi obta penenang merupakan konsumsi tertinggi untuk menghilangkan rasa takut dan cemas.

5. Sifat wanita merasa kalah berprestasi dan lemah

Menurut Maccoby dan Jacklin tahun 1974 menyataka bahwa wanita tidak kalah berprestasi dengan laki-laki. Namun, terdapat rasa ketakutan akan sukses yang menyebabkan wanita terhalang untuk berprestasi.

Bukan berarti tidak ada kemampuan untuk menunjukkan prestasi. Kemungkinan besar adanya anggapan bahwa jumlah wanita lebih sedikit. Ketika, menduduki kursi ahli sains, ekonomis maupun politik. Berdsarkan studi penelitian tahun 1942 menyatakan bahwa wanita mempunyai keyakinan kuat memiliki sifat mandiri, asertif dan sukses.

6. Sifat wanita yang mudah dipengaruhi orang lain

Menurut Maccboy dan Jacklin di tahun 1974 menyatakan bahwa perempuan pada dasarnya lebih bersedia beradaptasi sesuai pertimbangan akan konsekuensi. Perbedaan konformitas antara laki-laki dan perempuan sangat tipis.

Namun, perbedaan tersebut dianggap positif karena wanita cenderung memikirkan konsekuensi yang tidak terpikirkan oleh laki-laki. Hal tersebut sesuai pernyataan Becker di tahun 1986.

7. Sifat wanita lebih sensitif terhadap non verbal

Perempuan memiliki kecenderungan untuk berekspresi dan memahami pesan secara non verbal. Kemampuan wanita dalam memahami perangai maupun gerakan. Beberapa pesan non verbal yang disampaikan meliputi, tarikan garis alis, senyuman pandangan kosong dan lain sebagainya.

Menurut Hall & Hallberstadt di tahun 1986 menyatakan bahwa perempuan cenderung banyak tersenyum dan menatap apabila dibandingkan laki-laki. Meskipun demikian, masih perlu dikaji alasannya. Selain itu, sifat wanita lebih ekspresif di lingkungan sosialnya.

Author Web
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security