Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

gta 5 android

GTA 5 Android Bukan Hoax? Begini Cara Pasang dan Mainnya

Updated: July 20, 2024

Tangkapan gambar GTA 5 Android cukup sering berseliweran di internet belakangan ini. Sebagai salah satu proyek terbesar Rockstar Games, wajar jika penggemar berharap seri terakhir GTA itu hadir di platform mobile.

Sekilas Tentang GTA 5 Android

GTA 5 sendiri adalah proyek ambisius dari Rockstar, yang telah menghabiskan dana sebesar 137 juta USD. Setelah dirilis pada 2013 untuk konsol, dua tahun kemudian versi PC menyusul ke pasaran.

Sejak saat itu peminat GTA 5 semakin banyak dan terus bertambah hingga sekarang. Bahkan beberapa situs unduhan aplikasi Android menawarkan tautan untuk mengunduh GTA 5 versi mobile. Pertanyaannya, apakah itu resmi atau patut dicurigai?

Dalam beberapa tahun terakhir, Rockstar memang mulai memasukkan beberapa seri GTA ke platform mobile. Sayangnya, untuk saat ini GTA 5 masih belum tersedia untuk Android. Seri terakhir GTA itu hanya ada untuk perangkat PS 3, PS 4, Xbox 360, Xbox One, Windows PC, dan Xbox Series X (2021).

Itu artinya, dapat dipastikan bahwa kemungkinan besar tautan unduhan GTA 5 versi Android adalah hoax. Di sisi lain, bisa jadi itu hanya mod dari versi GTA lainnya, yang mana dibuat semirip mungkin dengan GTA 5.

Game GTA Resmi yang Ada di Android

Salah satu alasan GTA 5 belum tersedia untuk mobile adalah ukurannya terlalu besar. Tetapi, kabar baiknya Anda masih bisa memainkan seri yang lebih lama di perangkat Android, yaitu:

  • GTA Vice City
  • GTA III
  • GTA San Andreas
  • GTA Liberty City Stories
  • GTA Chinatown Wars

GTA San Andreas Lite Mod GTA 5

Jika Anda benar-benar ingin memainkan GTA 5, maka solusinya adalah dengan memasang GTA San Andreas Lite mod. Aplikasi mod sendiri adalah hasil modifikasi dari pihak ketiga yang bukan resmi. Akan tetapi, cara ini dapat membuat permainan semakin seru dan variatif.

Mengapa harus GTA SA Lite, karena ini adalah versi yang paling ringan untuk ponsel Android. Kelebihannya adalah mendukung versi OS Android 7.0 ke atas dan semua tipe GPU. Pada versi mod juga terdapat fitur-fitur tambahan seperti menu bahasa Indonesia dan tampilan yang diperbarui.

Cara Memasang GTA 5 Android Mod

Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan file pemasangan dengan mengunduhnya pada dua tautan di bawah ini:

GTA 5 Mod APK File [Mod] v2.00 – 16 MB

GTA 5 Mod Data File [Android +7.0] v2.00 – 2.41 GB

Ukurannya cukup besar, jadi sebaiknya gunakan jaringan internet yang stabil atau WiFi. Jangan lupa aktifkan dulu izin pemasangan dari sumber tidak diketahui di menu settings Android Anda.

Setelah selesai, mulai langkah-langkah pemasangan di bawah ini:

  1. Buka hasil unduhan Data File tadi dan ekstrak menggunakan aplikasi RAR di dalam satu folder.
  2. Kemudian buka folder Mod, yang mana di dalamnya terdapat folder GTA. Pindahkan folder tersebut ke path “Disk/Android/obb”.
  3. Sekarang buka unduhan file APK dan pasang seperti biasa.
  4. Jika proses ini berhasil, maka akan muncul ikon GTA di ponsel Anda.
  5. Jalankan aplikasi, pilih GTA 5 lalu tekan “Subscribe and Play”.
  6. Buat akun baru pada “create an account”, kemudian login dengan data barusan.
  7. Setelah login, Anda baru bisa memainkan GTA 5 mod dengan basis GTA SA Lite.

Alternatif Memainkan GTA 5 Resmi dari Android

Meski memang tidak dirilis resmi ke Android, ada cara alternatif lain yang bisa Anda lakukan. Dibanding dengan aplikasi mod, cara ini bisa dibilang lebih legal. Yang Anda butuhkan adalah aplikasi bernama Steam Link.

Anda akan menggunakan dua perangkat sekaligus, yaitu PC dan Android. Jalankan GTA 5 dengan Steam di PC, dan secara bersamaan jalankan juga Steam Link di Android. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan Steam Link, kemudian pindai laptop/PC Anda dengan koneksi Bluetooth atau opsi lainnya.
  2. Pasangkan kedua perangkat, kemudian tekan tombol mulai bermain. Ini akan membuat game di laptop/PC Anda otomatis berjalan.

Sebagai catatan, akun Steam Anda harus sudah memiliki GTA 5, jadi Anda hanya perlu menekan tombol ‘play’ di library. Setelah game dijalankan, ada opsi untuk mengontrol lewat layar atau pengontrol lainnya.

Itulah dua cara memainkan GTA 5 Android di perangkat mobile Anda. Sekali lagi, ini bukan cara resmi dari Rockstar, jadi Anda harus menanggung risikonya sendiri jika aplikasi error atau tidak bisa dijalankan.

Author Web
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security