Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

makanan pedas

Dijamin Ketagihan, Ini Dia Top 10 Makanan Pedas Nusantara!

Updated: July 21, 2024

Makanan pedas merupakan makanan yang memiliki daya tarik tersendiri. Bagi pecinta masakan pedas pasti dengan gamblang menyatakan bahwa bila tidak memakan masakan pedas maka yang terjadi adalah makan di mulut terasa hambar. Selain itu masakan pedas juga mempunyai ciri khas yang sangat menggoda yaitu warnanya.

Warna merah memang benar-benar menggugah selera orang untuk mencicipi makanan yang ada. Bahkan orang yang tidak gemas pedas pun ada sebagian yang terkesan dengan masakan pedas disebabkan oleh warna alaminya.

Merah secara psikologi memang warna yang menunjukkan keberanian. Seperti itulah juga bagi para pecinta pedas. Berani mencoba makanan dengan level kepedasan yang makin tinggi.

Rasa pedas adalah salah satu rasa unik yang dainugerahkan oleh Tuhan untuk manusia. Dengan rasa pedas membuat lidah para pecinta kuliner tanah air makin dimanjakan.

Memang selera tingkat kepedasan di tiap daerah berbeda. Ada daerah di Nusantara yang justru kurang menyukai rasa pedas. Sedangkan ada lagi dareh-daerah di Indonesia memiliki ciri khas masakan pedas seperti Padang dan Manado.

Makanan Pedas Paling Populer di Tanah Air

Di Indonesia sendiri, makanan pedas seolah tidak ada habisnya. Lantaran selalu ada inovasi terkait makanan pedas. Malah pada akhir-akhir ini, hampir setiap kuliner memiliki level kepedasan yang bisa diatur sesuai keinginan pemesannya. Misalnya saja kuliner berikut ini yang sejak zaman lampau sudah terkenal cita rasa pedasnya.

1. Makanan Pedas dari Sumatera Barat, Rendang

Makanan ini memang top. Rendang khas Padang menjadi masakan terenak di dunia menurut CNN International. Masakan ini bila dimasak dengan benar memang memiliki daya tahan yang cukup lama di suhu ruang. Bila disimpan dalam kaleng bertutup rapat maka makanan ini bisa awet sampai satu bulan lhoo.

Rendang merupakan olahan dengan menggunakan bahan dasar aneka rempah dan santan. Awetnya rendang tanpa dimasukan ke mesin pendingin disebabkan oleh lamanya masakan tersebut diolah di kuali. Dengan proses pematangan yang lama menjadikan hal itu sebagai pengawet alami.

2. Penyetan, Jawa Timur

Masakan pedas satu ini memang memiliki tampilan yang agak unik. Karena makanan seperti tahu, tempe, ayam goreng digepengkan terlebih dahulu atau dipenyet dengan cabai.

Bentuknya berantakan karena memang digepengkan yang tujuannya agar cabai meresap lebih dalam ke dalam makanan tersebut. Pokoknya meskipun bentuknya berantakan namun rasa sungguh jauh dari berantakan. Hmm.. yahud punya deh.

3. Rica-Rica, Manado

Dengan bumbu khas daun kemangi pada campuran bumbunya menjadikan rica-rica begitu harum menyegarkan. Bumbu lainnya yang juga tak kalah membawa efek pedas selain dari cabai itu sendiri adalah jahe. Wah dobel rasa segarnya nih.

Selain itu campuranan bahan lainnya adalah tomat, bawang merah, serta bawang putih. Lauk yang biasa dimasak rica-rica adalah ayam, daging, juga ikan. Tinggal sesuaikan dengan selera mana yang disuka pasti lebih joss.

4. Ayam Bakar Taliwang, NTB

Mengunjungi keindahan alam di NTB tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi masakan pedasnya. Daerah Nusa Tenggara Barat memiliki satu masakan yang pedasnya menggoda.

Disajikan dengan sambal khas NTB yang ditaburkan di atas ayam bakar yang masih panas, sungguh membuat lidah bergoyang. Bukan hanya karena pedas namun juga karena rasa gurihnya yang sangat menggoda.

5. Bebek Pedas, Madura

Resep masakan pedas Madura ini adalah daun jeruk purut, air jeruk nipis, cabai, beras dan serai merupakan campuran yang sempurna sebagai bumbu yang diolah dengan bebek. Bumbunya berwarna hitam karena proses menggoreng yang cukup lama membuat keluar rasa alaminya sedap pedas nikmat.

6. Oseng-Oseng Mercon

Makanan ini memiliki nama yang khas yang unik karena dikonotasikan dengan petasan. Kenapa petasan karena rasanya yang pedas membuat makanan ini seperti meledak di dalam mulut seperti memakan petasan di dalam mulut.

Bukti kepedasannya adalah dengan 500 gram daging sapi maka resep cabenya adalah sekitar 250 gram. perbandingan yang cukup aduhai yaa.. Hehehee siap berani.

7. Mie Aceh

Makanan khas negeri serambi Mekah ini menggunakan mie yang bentuknya agak besar dan cukup tebal. Untuk sedapnya rasa yang lebih mantap maka disajikan dengan kuahnya yang pedasnya cukup membuat penikmatnya berkeringat.

Terdiri dari mie khas Aceh dan campuran daging seperti kambing, sapi, ataupun udang, cumi, sampai kepiting sebagai pelengkap rasa bumbu rempahnya. Membayangkannya saja sudah bikin air liur menetes.

Nah tertarik makanan pedas yang mana? Mau coba semuanya akan lebih baik karena menjadi jaminan ketagihan. Makanan tradisional Indonesia memang terkenal di dunia karena kelezatannya yang disebabkan oleh bumbu-bumbu rempah yang menjadi andalan masakan Indonesia.

Author Web
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security