Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

Home Phone
whatsapp bisnis

Cara Mengoptimalkan Fungsi WhatsApp Bisnis untuk Usaha Kecil

Updated: August 16, 2022

WhatsApp adalah alat yang sempurna untuk meningkatkan layanan pelanggan pada bisnis Anda. Apalagi dengan adanya fasilitas WhatsApp Bisnis, yang secara khusus diperuntukkan bagi para pelaku usaha. Di sana Anda akan mendapat berbagai fitur dukungan pelanggan yang tidak tersedia di versi reguler.

Khususnya bagi pemilik usaha kecil, penting untuk beralih dari WhatsApp reguler ke versi Bisnis. Ini sangat memudahkan Anda membuat kampanye pemasaran online yang jauh lebih efektif. Ada fitur membalas pesan otomatis, mengategorikan pelanggan, chatbot, dan sebagainya.

Tips Menggunakan WhatsApp Bisnis dengan Benar

Di Indonesia, WhatsApp adalah platform perpesanan instan paling banyak digunakan. Penggunanya mencapai 83 persen dari sekitar 150 juta orang pengguna internet di Indonesia. Jadi jika ingin bisnis Anda lebih berkembang, tidak ada salahnya mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di WhatsApp Business.

1. Jadikan Akun Anda Lebih Profesional

Berbeda dengan WhatsApp reguler, di versi Bisnis Anda dapat mencantumkan lebih banyak informasi di profil. Buat Profil Binsis dengan menambahkan berbagai detail penting yang membantu menciptakan kesan profesional. Pelanggan pun akan lebih yakin bahwa mereka sedang berinteraksi dengan akun bisnis yang kredibel.

Fitur profilnya mirip seperti pada Facebook atau Google My Business. Lengkap dengan informasi alamat, email, tautan web, lokasi di peta, dan lain-lain. Pengaturan ini terletak di menu “Setelan Bisnis”.

2. Tunjukkan Apa yang Dijual Bisnis Anda

Fitur khusus lainnya yang ada pada WhatsApp Business adalah adanya fitur Katalog. Ini akan menciptakan etalase virtual langsung di WhatsApp untuk memamerkan barang dagangan Anda kepada konsumen. Tambahkan foto barang-barang dagangan Anda di fitur gratis ini.

Katalog adalah fitur yang penting untuk membuat bisnis terlihat lebih profesional. Konsumen dapat memilih dan melihat produk tanpa perlu pindah aplikasi atau mengunjungi situs web. Pelanggan pun dapat lebih menghemat waktu mereka saat ingin membeli sesuatu.

3. Respons Pelanggan dengan Cepat di WhatsApp Bisnis

WhatsApp Business benar-benar merupakan alat perpesanan bisnis yang sangat lengkap. Buat pelanggan senang dengan mendapatkan respons cepat yang akan menghemat waktu secara signifikan. Lakukan ini dengan fitur balasan cepat untuk membalas pertanyaan-pertanyaan yang bersifat umum.

Cukup ketik satu kata kunci di kolom pesan, maka akan muncul saran pesan cepatnya. Anda juga bisa membalas secara otomatis jika sedang offline, sehingga konsumen tahu bahwa mereka harus menunggu. Sebuah fitur yang sangat membantu untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

4. Fitur Label Chat untuk Membuat Kategori

Sebuah akun bisnis tentunya tidak hanya melayani satu pelanggan saja. Di sinilah fitur label chat sangat membantu untuk mengategorikan chat satu dan yang lainnya. Misalnya Anda menandai pelanggan baru dengan label hijau, pesanan tertunda dengan label merah, atau chat di luar pesanan dengan warna ungu.

Anda bisa membuat warna dan kategori sendiri sehingga sangat mudah membedakannya. Caranya, tekan dan tahan pesan yang ingin dimasukkan dalam salah satu kategori. Pilih label, kemudian tulis nama kategori tersebut dan tambahkan hingga maksimal 20 label.

5. Manfaatkan Pesan Broadcast

Pada WhatsApp reguler, pesan broadcast adalah salah satu fitur bawaan. Tetapi Anda harus memilih penerimanya satu per satu hingga mencapai 256 kontak. Ini tentu sangat melelahkan dan berisiko salah tekan kontak, yang mungkin bukan pelanggan Anda.

Kabar baiknya, fitur label chat ternyata juga sangat berguna ketika Anda ingin mengirim pesan broadcast. Cukup pilih kategori atau label tertentu, lalu kirim pesan yang sama kepada semua kontak dalam kategori tersebut. Temukan konten berlabel di menu Chat > Opsi lainnya > Label.

Integrasikan WhatsApp Business dengan Platform Lain

Terlepas dari fitur-fitur di atas, Anda juga perlu mengintegrasikan nomor WhatsApp Anda dengan platform lain. Ini untuk memudahkan pelanggan mengirim pesan hanya dengan sekali klik.

Pada akhirnya, WhatsApp memang tidak boleh dijadikan satu-satunya alat komunikasi dan pemasaran. Anda membutuhkan beberapa alat lain untuk mengembangkan pasar.

Akan tetapi setidaknya dengan WhatsApp Business ini Anda bisa membaut struktur obrolan yang lebih teratur. Ini adalah hal yang sangat penting untuk membangun loyalitas pelanggan.

Itulah sekilas tentang bagaimana cara mengoptimalkan WhatsApp Bisnis untuk kebutuhan usaha Anda. Selamat mencoba!

Default image
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Malcare WordPress Security