Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

Home Phone
tips belanja online

8 Tips Belanja Online Buat Kamu yang Tidak Ingin Kena Tipu!

Updated: August 15, 2022

Bagi kamu yang mulai suka dan tertarik belanja online karena harganya lebih miring. Kamu perlu berhati-hati saat belanja online. Hal ini dikarenakan harga tidak bisa menjadi jaminan kualitas dan originalnya barang. Maka dari itu, sangat penting mengetahui tips belanja online.

Selain itu, kamu perlu mengetahui toko yang jujur dan memberikan garansi untuk barang-barang yang kamu inginkan. Selalu perhatikan kualitas dan produk yang benar-benar kamu butuhkan.

Tips Belanja Online Agar Tidak mudah Tertipu

Perlu kamu tahu, meskipun belanja online memberikan banyak sekali kemudahan dan tercukupinya semua kebutuhanmu. Namun, kamu perlu bijak dan cerdas memilih toko online jujur dan sangat direkomendasikan. Apalagi, kalau kamu seorang penjual offline maupun customer. Berikut beberapa tips belanja online agar kamu tidak mudah kena tipu:

1. Pilih Marketplace Favorit

Terdapat banyak pilihan marketplace yang bisa kamu pilih. Beberapa diantaranya meliputi, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli dan lain sebagainya. setiap marketplace mempunyai kebijakan dan ketentuan tentang pengaturan jual beli online.

Kamu bisa menentukan pilihan marketplace sesuai yang kamu sukai untuk melakukan belanja online. Terdapat banyak fitur diskon maupun voucher bisa kamu dapatkan. Biasanya, setiap pengguna baru dibebaskan biaya ongkir. Tentunya, sangat mudah bukan?

2. Cek Nama Toko maupun Websitenya

Apabila kamu sudah menentukan pilihan marketplace, selanjutnya memilih produk dan toko sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa memilih toko sesuai dengan kebutuhan. Apabila kamu membeli produk pada lapak yang sudah mempunyai website sendiri. Maka, perhatikan profil toko, barang yang didagangkan dan ulasan pembelinya.

3. Cek Harga atau Spesifikasi Produk yang Akan Dibeli

Apabila kamu sudah mendapatkan toko sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Maka, lakukan pengecekan ketersediaan barang. Selain itu, perhatikan setiap detail deskripsi dan spesifikasi barang yang dicantumkan oleh penjual.

Apabila kamu merasa barang yang dibutuhkan tersedia pada toko. Segera kamu chat pihak penjual untuk menanyakan ketersediaan barang maupun spesifikasi yang kamu butuhkan. Kenapa perlu chat pihak penjual meskipun pada katalog tersedia? Biasanya, pesanan barang overload atau habis tidak dapat diketahui kapan. Maka langkah antisipasi tanyakan dulu.

4. Tips Belanja Online Cermati Harga Barang Murah

Hati-hati dengan harga murah meskipun tidak semua barang yang murah adalah produk murahan atau tipuan. Kamu perlu mencermati spesifikasi barang yang dipost oleh penjual. Apabila kamu merasa janggal coba tanyakan terlebih dahulu.

Apabila pihak penjual tidak merespon. Lebih baik cari toko lain yang menjual barang yang sama. Jangan mencoba order kalau tidak direspon. Takutnya, barang yang dijual-belikan palsu atau tidak original.

5. Lihat Ulasan, Rating dan Testimoni Pembeli serta Tanggal Pembelian Terakhir

Sebelum menekan tombol checkout, perhatikan ulasan produk dari pihak pembeli. Biasanya, mereka akan memberikan komentar dan rating. Selain itu, perhatikan tanggal pembelian terakhir dari testimoni konsumen. Apabila ulasan positif dua hari atau seminggu sebelumnya di bulan yang sama. Kamu bisa order atau checkout.

6. Ambil Voucher

Setiap marketplace punya cara sendiri untuk melakukan marketing kepada para pengguna baru belanja online. Kamu bisa menggunakan voucher yang ditawarkan dari pembelian minimal belanja dari toko maupun voucher di hari-hari besar. Beberapa diantaranya, gratis ongkir dalam rangka 17 Agustus, akhir tahun dan lain sebagainya.

7. Pilih COD (Cash on Delivery)

Bagi kamu yang masih ragu membeli barang secara online karena harus transfer dahulu. Padahal kamu masih belum tahu mutu dan kualitas sesuai harapan atau tidak. Kamu bisa memilih COD atau bayar di tempat.

Hal ini memudahkan kamu untuk mengetahui produk yang dibeli original atau tidak. Kamu bisa mengembalikan apabila kualitasnya tidak sesuai dengan keinginan.

8. Garansi Pengembalian Jika Kurang Sesuai

Apabila kamu terlanjur membeli barang online. Namun, kamu tidak memilih layanan COD. Maka sebaiknya, tanyakan terlebih dahulu keluhan barang yang dikirim. Apakah barang kkeurangan komponen, rusak atau tidak bisa dinyalakan.

Biasanya, pihak penjual merespon dan akan mengirim kembali barang sesuai garansi yang berlaku. Sebelum membeli pastikan penjual terpercaya, responsif dan memberikan garansi di post deskripsi atau spesifikasi barang.

Tips belanja di atas bisa kamu terapkan ketika membeli barang di marketplace maupun toko yang sudah memiliki website sendiri. Tentunya, kamu sangat menyayangkan kalau barang yang kamu terima tidak sesuai harapan. Maka dari itu, kamu perlu cermat saat membeli barang di toko online.

Default image
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Malcare WordPress Security