wisata alam semarang

6 Wisata Alam Semarang dan Sekitarnya untuk Lepas Kepenatan

Updated: September 18, 2021

Semarang tentu sangat dikenal sebagai salah satu kota besar di Pulau Jawa. Namun di daerah sekitarnya, ternyata cukup banyak wisata alam Semarang yang menawarkan pemandangan menawan. Anda bisa melihat indahnya pantai, air terjun, gunung, hutan wisata, gua alami, dan masih banyak lagi.

Selain sering dijumpai tempat wisata sejarah, Semarang juga punya tempat pelepas penat dari padatnya kebisingan kota. Namun kebanyakan wisata alam lokasinya bukan tepat di kota Semarang, melainkan wilayah kabupaten Semarang. Di sana masih kental dengan hawa pegunungan yang sejuk.

Pilihan Tempat Wisata Alam Semarang yang Menawan

Tak kalah dengan daerah dataran tinggi lain di Jawa Tengah, pesona alam kabupaten Semarang layak diperhitungkan. Di akhir pekan, biasanya banyak warga kota Semarang yang menghabiskan waktunya di daerah tersebut. Nah, berikut adalah beberapa pilihan tempat wisata alam yang ada di sekitar Semarang.

1. Menikmati Keindahan Pantai Mariana

Sebelum naik ke wisata-wisata pegunungan, kota Semarang sendiri sebenarnya punya satu wisata alam populer. Itu adalah Pantai Mariana, sebuah pantai alami yang masih sejuk karena banyak dikelilingi pepohonan rindang.

Tempat ini cukup ramai dikunjungi wisatawan baik di hari-hari biasa maupun akhir pekan. Namun Pantai Mariana tetap layak menjadi salah satu opsi wisata alam di Semarang untuk menenangkan pikiran.

2. Pantai Tirang, Sepi dan Menenangkan

Jika Anda tak terlalu suka keramaian, Semarang menawarkan tempat wisata pantai lainnya di Pantai Tirang. Pengunjungnya tidak sebanyak di Mariana, tetapi keindahannya boleh diadu.

Salah satu ciri khas dari Pantai Tirang adalah permukaan airnya yang sangat biru. Dibanding pengunjung umum, biasanya orang-orang datang ke pantai ini untuk memancing atau menangkap ikan. Suasananya syahdu dan sepi, pastinya cocok untuk mengisi waktu libur Anda di Semarang.

3. Keasrian Air Terjun Kali Pancur

Bergeser ke kabupaten Semarang, ada sebuah air terjun setinggi kurang lebih 100 meter bernama Kali Pancur. Letaknya berada di Desa Nogosaren, Getasan, Semarang, tepat di tengah jalan menuju ke arah Gunung Telomoyo. Panorama alam di tempat ini sangat menawan dan masih asri.

Di bawah air terjun itu terdapat sungai kecil, yang jika ditelusuri akan mengalir sampai Rawa Pening. Bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya, Kali Pancur menambah opsi wisata alam selain gunung dan pantai.

4. Wisata Alam Semarang Brown Canyon

Brown Canyon mungkin adalah pelesetan dari Grand Canyon, nama sebuah taman nasional di Amerika Serikat. Pemberian nama itu bukan tanpa alasan, karena bentuk dari tempat wisata tersebut memang mirip seperti Grand Canyon.

Sebenarnya Brown Canyon ini awalnya adalah area tambang. Setelah tak ada lagi aktivitas penambangan, tersisa tebing-tebing ngarai yang indah dan eksotis. Sejak dibuka untuk umum, Brown Canyon langsung menjadi destinasi wisata favorit warga Semarang dan sekitarnya.

5. Hutan Bakau di Puri Maerokoco

Hutan bakau alami adalah salah satu daya tarik yang disukai wisatawan saat berkunjung ke Puri Maerokoco. Sebenarnya tempat ini berisikan lebih dari hutan bakau karena punya sebutan Taman Mini-nya Jateng.

Di sana Anda dapat mempelajari banyak hal tentang Jawa Tengah seperti anjungan rumah adat misalnya. Ada pula tempat untuk melakukan aktivitas outbond dan area camping. Namun biasanya tujuan utama wisatawan ke sini adalah ingin berfoto-foto di hutan bakau.

6. Menikmati Dinginnya Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti adalah sebuah tempat wisata buatan yang dibangun di dataran tinggi, tepatnya di Bandungan, kabupaten Semarang. Terdapat beberapa kolam renang yang airnya berasal dari mata air alami. Suhunya tentu sangat dingin, tetapi sangat termaafkan oleh pemandangan yang sangat indah di sekitarnya.

Tenang saja, jika tidak mau basah-basahan di air masih ada banyak wahana dan kegiatan lain yang tak kalah menarik. Ada pilihan untuk bermain di area outbound atau meluncur menggunakan flying fox.

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan saat datang ke Umbul Sidomukti adalah Pondok Kopi. Di pondok tersebut, Anda bisa menikmati kopi hangat di luar ruangan sambil menikmati pemandangan alam langsung di depan mata.

Sudah gatal ingin langsung menuju ke TKP? Ternyata wisata alam Semarang menyimpan beribu keindahan yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat daerah lain, ya.

Default image
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

Malcare WordPress Security