Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

makanan khas bali

6 Makanan Khas Bali Mulai dari Ayam Betutu sampai Nasi Jinggo

Updated: July 20, 2024

Bali memiliki pemandangan menakjubkan di seluruh perairan maupun daratannya. Jadi, tidak salah apabila pulau ini lebih dikenal sebagai Pulau Dewata. Selain memiliki tempat wisata baik curug, pantai, hutan maupun peribadatannya yang menawan dan sakral. Siapa sangka makanan khas Bali memiliki harga lebih terjangkau dan mudah ditemui di berbagai tempat di Bali.

6 Makanan Khas Bali yang Menggugah Selera

Bali memang terkenal sebagai daratan yang sakral namun indah untuk dinikmati. Tempatnya yang menawan menarik para wisatawan baik lokal maupun domestik datang berkunjung. Terdapat beberapa tempat yang biasa dikunjungi yaitu, Sanur, Buleleng dan lainnya. Namun, Bali memiliki beragam sajian kuliner khas yang wajib kamu coba berikut ini:

1. Ayam Betutu Santapan Kuliner Ayam Kampung Panggang

Bagi kamu yang suka traveling ke Pulau Dewata. Tentunya, wajib menikmati kuliner Ayam Betutu. Cita rasanya semakin gurih dan pedas dengan rempah-rempahnya yang menggugah selera. Biasanya, ayam betutu disajikan dengan nasi putih yang masih hangat. Kamu bisa berkunjung ke Ayam Betutu Pak Man.

Lokasinya di Jalan Kubu Anyar No.72X Badung. Kamu bisa menikmati satu ekor ayam dengan harga berkisar 85 ribu saja. Kuliner ini berbahan dasar ayam kampung dengan bumbu-bumbu bali. Cara memasaknya masih menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya.

Setelah itu, ayam dipanggang kurang lebih selama 24 jam. Hasilnya, daging ayam panggang terasa lembut. Apalagi, dipadukan dengan bumbu rempah yang nikmat.

2. Sate Lilit Makanan Khas Bali

Siapa yang tidak kenal dengan sate lilit? Sajian kuliner ini berasal dari Bali. Namun, sangking enaknya sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Sate ini merupakan cincangan daging ayam, tenggiri maupun babi yang dililitkan pada sunduk sate. Setelah dililitkan pada sunduk sate, lilitan daging tersebut dilumuri bumbu rempah lalu dibakar.

Bagi kamu yang ingin menikmati sate ini di Bali. Jangan lupa datang berkunjung ke Warung Nasi Ayam Bu Oki. Lokasinya berada di Jalan Siligita No 27. Selain di situ, kamu juga bisa datang berkunjung ke Warung Nasi Ayam Men Weti di Sanur. Harganya relatif murah dengan kisaran harga Rp.25.000 per porsinya.

3. Serombotan Pecel Bali Menggugah Selera

Tidak hanya Pulau Jawa saja yang terkenal dengan pecelnya yang pedas nikmat. Bali sebagai pusat wisata dunia juga terkenal dengan pecel tradisionalnya yaitu serombotan. Pecel bali ini lebih dikenal sebagai urapan bali. Beberapa bahan yang biasa disajikan meliputi, terong bulat, buncis, bayam, touge, kacang panjang dan lain sebagainya.

Tentunya, tidak lupa dengan tambahan sambal kelapanya. Kuliner ini lebih mantap jika dikonsumsi dengan ikan dan sering dijadikan sebagai menu makan siang. Apabila kamu sedang berwisata di Bali. Jangan lupa datang ke warung serombotan Jalan Tukad Yeh Aya.

Jam operasionalnya mulai dari jam 17.00-19.00 WITA. Selain itu, kamu bisa datang ke Jalan Ahmad Yani di warung makan serombotan klungkung. Harganya sangat merakyat dan terjangkau. Apakah kamu tertarik mencobanya?

4. Tipat Blayag Lontong Khas Bali

Makanan ini memang terdengar aneh bagi kamu yang bukan asli orang Bali. Tipat Blayag memiliki kesamaan dengan kupat lontong yang dibungkus dengan daun pisang.

Kuliner ini biasa dibumbui dengan kuah kuning, telur, potongan ayam, bumbu kacang dan kedelai, ciri khas dari lontong tipat blayag terletak pada bungkusnya dari daun enau.

Apabila kamu ingin mencicipinya sewaktu di Bali. Kamu bisa berkunjung ke Warung Makan Bu Agus. Lokasinya berada di Jalan Tukad Yeh Aya No. 31 Renon. Harganya sangat terjangkau dibanderol Rp. 10.000 per porsi. Warung ini biasa buka jam 4 sore sampai 2 pagi.

5. Nasi Jinggo si Nasi Kucing Bali

Salah satu sajian kuliner Bali yang wajib dicoba adalah Nasi Jinggo. Masakan ini memiliki kemiripan dengan nasi kucing dengan porsi kecil. Komposisi kuliner ini terdiri atas suwiiran daging ayam, tempe goreng, mie goreng dan sambal pedas yang khas.

Sajian kuliner ini memang sangat murah dan cocok buat kamu yang ingin berkuliner low budget. Harganya dibanderol Rp. 1500 hingga Rp.5000 saja. Kamu bsa menemukan jenis makanan ini di berbagai tempat di Bali baik di Buleleng maupun Sanur.

Beragam makanan khas Bali di atas patut kamu coba. Tidak hanya nikmat. Tapi kamu bisa merasakan ciri khas kuliner Bali dibandingkan yang lain. Selain itu, kuliner di Pulau Dewata terkenal low budget. Tentunya, sangat cocok buat kamu yang suka traveling.

Author Web
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security