Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

ide bisnis unik

6 Contoh Ide Bisnis Unik yang Berpotensi Menghasilkan Uang

Updated: July 21, 2024

Apabila tidak bisa lebih baik dari bisnis lain, maka usahakan menjadi sedikit lebih berbeda dari mereka. Itulah alasan Anda harus menemukan ide bisnis unik jika ingin bisa bersaing dengan kompetitor. Tidak harus baru, tetapi mungkin ada sebuah ide bisnis yang saat ini masih belum ada di tempat Anda tinggal.

Beberapa ide mungkin terdengar gila, namun Anda mungkin tidak menyadari kalau ada konsumen yang menginginkannya. Kuliner, terapi, layanan sewa adalah beberapa contoh ceruk yang berpotensi menghasilkan uang. Tinggal bagaimana Anda mengolahnya menjadi sesuatu yang menarik bagi para konsumen.

Ide Bisnis Unik untuk Ceruk Pasar Tertentu

Berinovasi membuat ide bisnis butuh keberanian dan kesabaran. Pertama-tama, Anda harus mengidentifikasi sebuah masalah, lalu menciptakan solusi untuk hal tersebut. Berikut beberapa contoh ide bisnis kreatif langka, yang mungkin bisa menjadi inspirasi buat Anda.

1. Membuka Kafe Kucing

Di luar negeri dan beberapa kota besar Indonesia, kafe kucing mendapatkan ceruk pasar tersendiri di masyarakat. Ini adalah kafe yang menggabungkan hobi atau kegemaran dengan kucing dan aktivitas kasual.

Di sini konsumen dapat menikmati kuliner yang dijual di kafe tersebut sambil berinteraksi dengan kucing-kucing. Kafe macam ini sangat diminati di negara-negara seperti Jepang dan Taiwan.

2. Kafe dengan Hiburan Board Game

Kafe board game sebenarnya bukan hal baru lagi di Indonesia. Sebab, cukup banyak kafe yang menarik pelanggan dengan menyediakan board game di meja. Tetapi sama seperti kafe kucing, kafe macam ini kebanyakan hanya ada di kota-kota besar saja.

Nah, jika Anda punya dasar pengetahuan tentang bisnis kafe, ini adalah sebuah ide yang brilian. Board game adalah suatu media yang cocok untuk membuat interaksi orang-orang lebih seru. Jadi selain datang untuk menikmati kuliner, pengunjung juga terhibur dengan berbagai permainan.

3. Menjadi Personal Trainer

Personal trainer adalah sebuah bisnis menjanjikan dengan target kalangan menengah ke atas. Bidang yang digeluti bisa beragam, mulai dari konsultasi nutrisi, olahraga dan lain-lain. Anda bisa sendirian atau membentuk agensi personal trainer.

Biasanya kesempatan ini juga bisa digunakan untuk berjualan produk yang berhubungan. Misalnya Anda menjadi personal trainer untuk pembentukan otot, maka Anda juga bisa menjual suplemen untuk otot.

4. Ide Bisnis Unik Pemilik Tim Esports

Esports telah menjadi budaya baru di kalangan masa kini, yang sayang sekali jika peluang ini dilewatkan. Buatlah tim esports terbaik dan ikutlah dalam berbagai turnamen berhadiah besar. Menjadi atlet esports tidak memerlukan pendidikan formal tinggi, melainkan etos kerja dan keterampilan bermain game.

Tidak perlu langsung membentuk tim yang megah, bahkan Anda bisa memulainya dengan tim kecil-kecilan. Jika Anda punya usaha seperti kafe gaming alias warnet, ini akan memudahkan untuk menjaring pemain berbakat. Jangan lewatkan setiap turnamen karena hadiah dan keuntungan dari sponsor sangat menggiurkan.

5. Jasa Bersih-bersih Acara

Di Indonesia, banyak hal yang dirayakan dengan menggelar acara besar-besaran atau pesta. Misalnya pesta pernikahan, pertunangan, khitan, perayaan hari jadi dan sebagainya. Nah, sehabis acara biasanya sampah berserakan di mana-mana dan kursi tak lagi tersusun beraturan.

Di luar sana ada beberapa jasa bersih-bersih yang mengejar ceruk khusus acara pesta. Ini jelas sangat dibutuhkan, apalagi jika penyelenggara acara tidak punya waktu untuk membersihkan tempat acara berlangsung. Untuk mencari pelanggan, Anda juga bisa bekerja sama dengan event organizer.

6. Bisnis Bunga Kering

Sebenarnya ini bisa jadi sumber pendapatan tambahan bagi para penjual bunga. Selain menjual bunga segar dan bunga plastik, Anda juga bisa membuat bunga kering. Belakangan, bunga kering menjadi bisnis yang cukup menjanjikan karena banyak dicari sebagai elemen dekorasi.

Cari tahu tentang bagaimana cara mengeringkan berbagai jenis bunga. Anda bisa membuat tanaman hias yang awet atau sekadar suvenir. Modalnya tidak banyak, namun pemasukannya tergantung pada bagaimana Anda mempromosikannya semenarik mungkin.

Memulai bisnis sebenarnya tidak sesulit apa yang Anda bayangkan selama ini. Mungkin Anda hanya takut tidak bisa mendapat konsumen dan meraup keuntungan dari sana. Tidak ada yang salah dengan itu, tetapi di luar sana ada peluang berlimpah yang seharusnya bisa dimanfaatkan.

Beberapa contoh ide bisnis unik di atas hanya segelintir dari banyak sekali di luar sana. Anda bisa mengembangkannya atau mencari ide-ide unik lain yang lebih gila.

Author Web
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security