Kerjasama

Untuk kerjasama, anda bisa hubungi kami di majalahbisniscom[at]gmail.com

tradisi unik

5 Tradisi Unik Kecantikan dan Pernikahan yang Bikin Ngilu!

Updated: July 21, 2024

Setiap negara memiliki ratusan suku dengan tradisi dan kebudayaan yang beragam. Meskipun dianggap aneh namun tradisi unik masih berlangsung hingga sekarang. Hal ini menambah kengerian maupun ketakjuban kamu untuk mendalami budaya suku-suku asing. Selain itu, tradisi ini dilakukan karena kepercayaan maupun mengenang roh leluhur.

Tradisi Unik Sekaligus Menyakitkan

Tradisi tidak hanya sebuah tarian perayaan maupun festival saja. Namun, tradisi memiliki arti kebiasaan unik yang dilakukan secara terus-menerus dengan tujuan tertentu. Banyak suku di negara Brasil, Ethiopia, China maupun Thailand memiliki cara ‘ Cantik’ Sendiri. Berikut beberapa tradisi unik namun mebuatmu ngeri hingga bergidik:

1. Tradisi Unik Sebelum Menikah di Cina

Menikah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi calon mepelai pria maupun wanita. Biasanya, setiap suku daerah mempunyai tradisi pernikahan unik dan megah. Salah satunya, pernikahan di suku jawa membuat janur kuning dan widodaren untuk pernikahan. Tetapi, tradisi pernikahan bisa jadi harus diawali dengan tangis kesedihan.

Hal tersebut sudah dilakukan oleh suku Tujia yang bermukim di Provinsi Hunan, Guizhou, Hubei hingga Chongqing. Sebelum menikah mempelai wanita harus menangis selama 1 bulan penuh sebelum hari pernikahan. Tradisi ini dikenal sebagai Zuo Tang. Prosesi ini dilakukan selama 1 jam setiap hari. Setelah 10 hari kemudian hingga berakhir diikuti oleh keluarga lain.

Asal muasal tradisi ini dimulai pada abad peperangan kerajaan Zhao dengan Yan tahun 221-475 SM. Putri mahkota zhao harus dinikahkan dengan pangeran kerajaan Yan. Namun, sang ibu tidak rela hingga menangis di kaki sang putri. Maka dari sinilah kebiasaan menangis sebelum menikah berkembang.

2. Suku Bagobo “Si Cantik Bergigi Runcing”

Cantik tidak selalu diidentikkan dengan kualit putih dan gigi berseri, rapi dan bersih. Bagi suku Bagobo. Seorang wanita dikatakan cantik. Apabila memiliki gigi runcing. Suku ini tinggal di Mindanao, Negara Filipina. Para wanita harus menahan rasa sakit meruncingkan gigi dengan kayu atau bambu.

Tidak hanya di Filipina, Suku Mentawai di Indonesia juga melakukan hal yang sama. Para wanita diwajibkan memahat gigi agar terlihat lebih menawan. Cara meruncingkan gigi dengan mengikir memakai pisau kasar. Suku ini sudah ada di Kepulauan Mentawai selama 2000 M.

3. Suku Kayan: Makin Cantik Makin Panjang Lehernya

Suku kayan berada di Negara Myanmar terutama bertempat tinggal di daerah Inle. Suku ini dikenal sebagai wanita berleher panjang. Selain itu, suku ini suka membuat kerajinan tangan kain tenun, Nama lain suku kayan ialah suku paduang. terdapat mitos atau legenda bahwa suku kayan merupakan keturunan dari naga.

Maka dari itu, mereka sengaja memanjangkan leher untuk mengenang para leluhur. Selain itu, mitos penggunaan cincin kuningan untuk melindungi diri dari harimau. Mitos lainnya mengatakan agar para wanita tidak terlihat menarik untuk melindungi diri dari kejahatan. Namun, banyak anggapan bahwa berleher panjang mmbuat para pria semakin terpikat.

4. Cantik Ngeri Suku Dayak” Si Telinga Panjang”

Cantik itu memang relatif. Apalagi, kalau kamu datang ke Kalimantan terutama suku dayak. Selain dikenal memiliki ilmu mistis yang tinggi. Para wanita dayak terdahulu mempunyai tradisi unik untuk dikatakan cantik. Beberapa diantaranya, menindik telinga hingga memanjang ke bawah dan tato.

Para wanita memanjangkan telinga dengan menggunakan anting emas maupun logam. Anting-anting tersebut terus ditambah setiap tahun sekali. Telinga panjang merupakan simbol dari kecantikan dan kekayaan. Selain itu, menunjukkan strata sosial, identitas dan usia.

5. Tradisi Brasil Wajib Pukul Sebelum Menikah

Bagi kamu yang tinggal di Brasil terutama di Uapes. Lebih baik menyiapnkan mental dan fisik yang kuat sebelum menikah. Tradisi sebelum menikah mewajibkan mempelai wanita dipukul hingga pingsan. Apabila sang wanita masih bisa terbangun dari pingsannya. Maka, dapat dikatakan bahwa wanita tersebut sudah siap menikah.

Alasan pemukulan tersebut dilakukan agar sang wanita dapat menjalankan segala ujian berumah tangga dengan lancar.

Selain itu, terdapat tradisi unik di negara Afrika khususnya Mauritania yaitu, sang wanita harus gemuk. Hal ini dipercaya dapat membawa kebruntungan untuk keluarganya. Bagaimana apakah kamu berani cantik sesuai tradisi suku di atas?

Author Web
Author Web
Articles: 107

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Malcare WordPress Security